[Dunia Kerja] SURVIVE JADI GURU

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

[Dunia Kerja] SURVIVE JADI GURU

Post  RaTu_KuiS on Sat Sep 22, 2007 5:14 pm

Kelihatannya jadi guru, tuh, bukan pekerjaan sulit.Kenyataannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin karier kita sebagai guru makin berkembang:

- Siapkan mental. Wajar kalau kita grogi dan tegang ketika pertama kali mengajar. Pekerjaan ini butuh kesabaran ekstra, apalagi kalau murid kita masih anak-anak. Harus pintar mengatur strategi agar murid mengerti materi yang kita sampaikan dan nggak mudah bosan.

- Untuk mendapatkan murid, perluas cakupan pergaulan, bisa juga masuk ke dalam komunitas yang sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya, kalau kita berniat jadi guru vokal, berada di dalam komunitas paduan suara akan membantu mengetahui sekolah musik mana yang memerlukan staf pengajar.

- Informasikan pula kepada teman dan kerabat tentang profesi baru kita, sampaikan juga kalau kita masih mencari murid. Gunakan fasilitas internet, sebarkan informasi tersebut melalui mailing list (milis). Cara terakhir ini cukup efektif, praktis dan murah.

- Sesuaikan jadwal mengajar dengan aktivitas rutin kita. Kalau kita bekerja dari Senin sampai Jumat, kita bisa mengajar pada akhir minggu. Jika aktivitas sehari-hari nggak terlalu menyita waktu dan tenaga, kita bisa mengajar sepulang bekerja atau kuliah.

- Usahakan jangan terlalu lelah karena pekerjaan sampingan ini. Jaga juga mood kita, jangan sampai hal ini mempengaruhi semangat belajar murid. Kalau gara-gara itu kita nggak bisa mengajar maksimal, kredibilitas kita yang dipertaruhkan, tuh! (Sumber CC)

_________________
I CaN LeArN To LoVe U....
BuT I NeVeR LeArN To FoRgEt U (^.^)

RaTu_KuiS
.
.

Female
Jumlah posting : 1187
Lokasi : ...TePi LauT...
Status : NYoBa SeTia :D
Hobby : GeSa GeSi
Registration date : 23.04.07

Statistik
Point:
25/100  (25/100)
Warning:
0/0  (0/0)
Thank:
5/1000  (5/1000)

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [Dunia Kerja] SURVIVE JADI GURU

Post  maston on Sun Sep 23, 2007 7:49 am

RaTu_KuiS wrote:Kelihatannya jadi guru, tuh, bukan pekerjaan sulit.Kenyataannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin karier kita sebagai guru makin berkembang:...............................

(Sumber CC)
betul emang kelihatanya gak sulit.... mau jadi guru itu yang sulit ... guru yang ada juga masih banyak honorer padahal umur udah tua sehingga banyak guru yg pada ngobyek... untuk guru SD saat ini juga harus predikat S1 sehingga rame rame kuliah kilat yang penting dapat S1 ... yah kalo ngomongin penddkn n guru wah panjang nih len kali aq terusin.........

maston
Legendaris
Legendaris

Jumlah posting : 1174
Registration date : 05.06.07

Statistik
Point:
15/100  (15/100)
Warning:
0/0  (0/0)
Thank:
10/1000  (10/1000)

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [Dunia Kerja] SURVIVE JADI GURU

Post  Alice on Fri Nov 23, 2007 11:42 pm

teaching is a fun job ^^

_________________


everyday is a fashion show, the world is your runway...

Alice
.
.

Female
Jumlah posting : 650
Age : 48
Lokasi : under the mistletoe
Registration date : 24.04.07

Statistik
Point:
28/100  (28/100)
Warning:
0/0  (0/0)
Thank:
0/0  (0/0)

Lihat profil user http://bubblegumpopgirl.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [Dunia Kerja] SURVIVE JADI GURU

Post  Sponsored content Today at 3:21 am


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik